Menu

Gimkit: Membuat Pembelajaran Interaktif Melalui Permainan

Gimkit: Membuat Pembelajaran Interaktif Melalui Permainan

Dikurasi oleh : Asa Robby Azizan

Teknologi telah menjadi alat penting untuk pembelajaran dalam dunia pendidikan yang terus berkembang. Gimkit adalah platform yang menggabungkan pendekatan permainan dan pembelajaran. Artikel ini akan membahas dunia Gimkit, termasuk pengertiannya, sejarahnya, fungsinya, keuntungan dan kekurangan, serta contoh media lainnya. Kita akan melihat bagaimana Gimkit dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif.

1.  Pengertian dan Sejarah:

Gimkit diluncurkan pada tahun 2017 oleh Josh Feinsilber sebagai platform pembelajaran online yang menggabungkan permainan dengan pendidikan. Dengan Gimmit, guru dapat membuat kuis dan aktivitas pembelajaran interaktif yang mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif.

2.  Fungsi:

·         Menghasilkan kuis interaktif yang memiliki pertanyaan dan pilihan untuk jawaban.

·         memberi siswa nilai dan insentif untuk meningkatkan kinerja mereka.

·         Mengizinkan penggunaan power-up yang memberikan keuntungan strategis dan berdampak pada permainan.

·         menampilkan peringkat siswa di leaderboard secara real-time.

·         mendistribusikan laporan kinerja serta analisis hasil kuis.

3.  Manfaat bagi Guru dan Siswa:

a.   Manfaat untuk Guru:

·         Meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

·         Memungkinkan guru untuk membuat kuis dan aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

·         Menyediakan laporan kinerja dan analisis yang membantu dalam pemantauan dan penilaian.

b.   Manfaat untuk Siswa:

·         Meningkatkan motivasi siswa melalui pendekatan permainan dan insentif.

·         Mendorong keterlibatan dan interaksi aktif dalam proses pembelajaran.

·         Memperkuat pemahaman materi melalui pengulangan dan latihan yang menyenangkan.

4.  Keunggulan dan Kelemahan Gimkit dibandingkan dengan media serupa:

a.   Keunggulan Gimkit:

·         menggabungkan pendekatan pembelajaran dan permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.

·         Memungkinkan kuis dan aktivitas pembelajaran disesuaikan.

·         mendistribusikan laporan kinerja untuk membantu guru memantau dan menilai.

b.   Persyaratan Gimkit:

·         Sangat penting untuk memiliki koneksi internet yang stabil.

·         Mungkin butuh waktu untuk memahami fitur permainan yang kompleks.

·         Tidak sesuai untuk kuis yang membutuhkan format pertanyaan yang lebih rumit.

5.  Contoh tiga jenis media yang sebanding:

a.    Kahoot! adalah platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa menjawab pertanyaan secara kompetitif melalui kuis yang menggabungkan elemen permainan dan leaderboard.

b.   Quizizz adalah platform pembelajaran online yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif dan siswa menjawabnya secara kompetitif atau mandiri. Platform ini juga memiliki fitur leaderboard dan analisis kinerja siswa.

c.   Quizlet Live adalah fitur di platform Quizlet yang memungkinkan siswa bermain permainan dan bekerja sama. Siswa bekerja sama dengan satu sama lain untuk mencocokkan jawaban dengan kartu flash yang tepat.

Kesimpulannya, Gimkit adalah platform pembelajaran interaktif yang menggabungkan permainan dan pembelajaran. Gimkit memiliki fitur yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui poin, insentif, dan leaderboard. Gimkit membuatnya mudah untuk membuat kuis dan aktivitas pembelajaran yang menarik bagi guru. Namun, perlu diingat bahwa Gimkit membutuhkan koneksi internet yang stabil, dan fitur permainan yang rumit mungkin memerlukan waktu untuk dipahami. Selain itu, ada opsi alternatif seperti Kahoot!, Quizizz, dan Quizlet Live, yang menawarkan pembelajaran interaktif melalui metode permainan. Dalam era komputer dan internet saat ini, guru memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis media pembelajaran yang kreatif untuk membuat pendidikan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berhasil bagi siswa mereka.

 

Ads middle content1

Ads middle content2