Menu

Wordwall: Gamifikasi Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan

Wordwall: Gamifikasi Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan

 


Dikurasi oleh : Asa Robby Azizan

Teknologi telah menjadi alat penting dalam dunia pendidikan yang terus berkembang untuk membuat pendidikan menjadi interaktif dan menarik. Salah satu platform yang memungkinkan hal ini adalah Wordwall. Dalam artikel ini, kita akan memeriksa dunia Wordwall, termasuk pengertiannya, sejarahnya, fungsinya, manfaatnya untuk guru dan siswa, serta kelebihan dan keterbatasannya, bersama dengan beberapa contoh media serupa. Mari kita lihat bagaimana Wordwall menggunakan kata-kata untuk mengajar.

1.  Pengertian dan Sejarah:

Wordwall adalah platform pembelajaran online yang diluncurkan pertama kali oleh Peter Richardson pada tahun 2012 dan memungkinkan guru membuat berbagai aktivitas pembelajaran interaktif berbasis kata-kata. Wordwall memungkinkan guru membuat teka-teki kata, kuis, dan aktivitas yang menggunakan kata-kata.

2.  Fungsi:

·         Membuat teka-teki kata seperti anagram, rebus, atau teka-teki silang.

·         Membuat kuis interaktif dengan pertanyaan berbasis kata-kata.

·         Membuat aktivitas pembelajaran seperti matching game, flashcard, atau sorting game.

·         Menyediakan akses ke bank soal yang dapat digunakan guru.

3.  Manfaat untuk Guru dan Siswa:

a.   Manfaat untuk Guru:

·         Memungkinkan guru untuk membuat aktivitas pembelajaran interaktif yang berfokus pada penggunaan kata-kata.

·         Membantu dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan variatif.

·         Memberikan akses ke bank soal yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

b.   Manfaat untuk Siswa:

·         Meningkatkan pemahaman kata-kata dan keterampilan bahasa melalui interaksi langsung dengan aktivitas pembelajaran.

·         Membantu siswa belajar dengan cara yang kreatif dan interaktif.

·         Memotivasi siswa melalui penggunaan permainan dan tantangan dalam pembelajaran.

4.  Kelebihan dan Kekurangan Wordwall dibandingkan dengan media serupa

a.   Kelebihan Wordwall:

 

·         Menawarkan berbagai macam aktivitas pembelajaran interaktif berbasis kata-kata.

·         Memungkinkan guru untuk membuat aktivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

·         Memberikan fleksibilitas dan kreativitas dalam merancang pembelajaran yang menarik.

b.   Keterbatasan Wordwall:

·         Fokus pada aktivitas pembelajaran berbasis kata-kata, sehingga kurang cocok untuk konten pembelajaran yang lebih luas.

·         Beberapa fitur dan fungsi mungkin membutuhkan waktu untuk dipelajari.

5.  3. Tiga media yang serupa:

a.    Quizlet: platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa membuat set kartu flash yang terdiri dari kata-kata. Siswa dapat menggunakan set kartu flash ini untuk melakukan latihan dan kuis yang meningkatkan pemahaman mereka.

b.   Kahoot! adalah platform kuis interaktif yang dapat disesuaikan yang membantu orang belajar dan menguji pemahaman kata mereka.

c.   Puzzlemaker: alat online yang memungkinkan guru membuat berbagai jenis teka-teki kata, seperti teka-teki silang, teka-teki kotak, dan banyak lagi. Guru dapat menggunakan teka-teki kata ini untuk melibatkan siswa mereka dalam mempelajari dan mengingat kata-kata baru.

Kesimpulannya, Wordwall adalah platform pembelajaran online yang menggabungkan kata-kata dengan cara yang kreatif dan interaktif. Guru dapat membuat aktivitas pembelajaran yang berbasis kata-kata menarik dan bervariasi. Wordwall memungkinkan Anda menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa meskipun fokusnya pada aktivitas berbasis kata-kata. Selain itu, ada pilihan pembelajaran interaktif seperti Quizlet, Kahoot!, dan Puzzlemaker, yang berfokus pada kata-kata. Dalam era komputer dan internet saat ini, guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.

 

Ads middle content1

Ads middle content2