Dikurasi oleh : Asa Robby Azizan
Teknologi telah menjadi alat penting untuk pembelajaran
dalam dunia pendidikan yang terus berkembang. Gimkit adalah platform yang
menggabungkan pendekatan permainan dan pembelajaran. Artikel ini akan membahas
dunia Gimkit, termasuk pengertiannya, sejarahnya, fungsinya, keuntungan dan
kekurangan, serta contoh media lainnya. Kita akan melihat bagaimana Gimkit
dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif.
1. Pengertian
dan Sejarah:
Gimkit diluncurkan pada tahun 2017 oleh Josh Feinsilber
sebagai platform pembelajaran online yang menggabungkan permainan dengan
pendidikan. Dengan Gimmit, guru dapat membuat kuis dan aktivitas pembelajaran
interaktif yang mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif.
2. Fungsi:
·
Menghasilkan kuis interaktif yang memiliki
pertanyaan dan pilihan untuk jawaban.
·
memberi siswa nilai dan insentif untuk
meningkatkan kinerja mereka.
·
Mengizinkan penggunaan power-up yang memberikan
keuntungan strategis dan berdampak pada permainan.
·
menampilkan peringkat siswa di leaderboard
secara real-time.
·
mendistribusikan laporan kinerja serta analisis
hasil kuis.
3. Manfaat
bagi Guru dan Siswa:
a.
Manfaat untuk Guru:
·
Meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa
dalam pembelajaran.
·
Memungkinkan guru untuk membuat kuis dan
aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
·
Menyediakan laporan kinerja dan analisis yang
membantu dalam pemantauan dan penilaian.
b.
Manfaat untuk Siswa:
·
Meningkatkan motivasi siswa melalui pendekatan
permainan dan insentif.
·
Mendorong keterlibatan dan interaksi aktif dalam
proses pembelajaran.
·
Memperkuat pemahaman materi melalui pengulangan
dan latihan yang menyenangkan.
4. Keunggulan
dan Kelemahan Gimkit dibandingkan dengan media serupa:
a.
Keunggulan Gimkit:
·
menggabungkan pendekatan pembelajaran dan
permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
·
Memungkinkan kuis dan aktivitas pembelajaran
disesuaikan.
·
mendistribusikan laporan kinerja untuk membantu
guru memantau dan menilai.
b.
Persyaratan Gimkit:
·
Sangat penting untuk memiliki koneksi internet
yang stabil.
·
Mungkin butuh waktu untuk memahami fitur
permainan yang kompleks.
·
Tidak sesuai untuk kuis yang membutuhkan format
pertanyaan yang lebih rumit.
5. Contoh
tiga jenis media yang sebanding:
a.
Kahoot! adalah
platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa menjawab pertanyaan
secara kompetitif melalui kuis yang menggabungkan elemen permainan dan
leaderboard.
b.
Quizizz adalah
platform pembelajaran online yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif dan
siswa menjawabnya secara kompetitif atau mandiri. Platform ini juga memiliki
fitur leaderboard dan analisis kinerja siswa.
c.
Quizlet Live adalah
fitur di platform Quizlet yang memungkinkan siswa bermain permainan dan bekerja
sama. Siswa bekerja sama dengan satu sama lain untuk mencocokkan jawaban dengan
kartu flash yang tepat.
Kesimpulannya, Gimkit adalah platform pembelajaran
interaktif yang menggabungkan permainan dan pembelajaran. Gimkit memiliki fitur
yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui poin,
insentif, dan leaderboard. Gimkit membuatnya mudah untuk membuat kuis dan
aktivitas pembelajaran yang menarik bagi guru. Namun, perlu diingat bahwa
Gimkit membutuhkan koneksi internet yang stabil, dan fitur permainan yang rumit
mungkin memerlukan waktu untuk dipahami. Selain itu, ada opsi alternatif
seperti Kahoot!, Quizizz, dan Quizlet Live, yang menawarkan pembelajaran
interaktif melalui metode permainan. Dalam era komputer dan internet saat ini,
guru memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis media pembelajaran
yang kreatif untuk membuat pendidikan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berhasil
bagi siswa mereka.