Dikurasi oleh :
Asa Robby Azizan
Teknologi telah mengubah cara kita belajar dan mengajar di
dunia pendidikan yang terus berkembang. Salah satu alat yang memungkinkan
pembelajaran interaktif dan kolaboratif adalah Quizlet Live. Dalam artikel ini,
kita akan mempelajari tentang apa itu Quizlet Live, bagaimana itu dimulai,
bagaimana itu digunakan, bagaimana itu membantu guru dan siswa, serta
keuntungan dan kekurangan dari alat serupa. Mari kita lihat bagaimana Quizlet
Live membuat siswa dan guru berpartisipasi dalam pelajaran.
1. Pengertian
dan Sejarah:
Quizlet Live adalah fitur dari platform pembelajaran online
Quizlet yang menggabungkan elemen permainan dan kerja kelompok untuk membantu
siswa belajar. Andrew Sutherland, seorang siswa SMA, mendirikan Quizlet pada
tahun 2005 dengan tujuan untuk membantu siswa belajar dengan membuat dan
berbagi set kartu flash di internet.
2. Fungsi:
Guru membuat set kartu flash dengan pertanyaan dan jawaban;
siswa bekerja dalam tim untuk mencocokkan jawaban yang benar dengan kartu flash
yang sesuai; dan setiap tim harus bekerja sama untuk mencapai tujuan.
3. Manfaat
untuk Guru dan Siswa:
a.
Manfaat untuk Guru:
·
Meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa
dalam pembelajaran.
·
Memungkinkan guru untuk melacak pemahaman siswa
secara real-time.
·
Mendorong kolaborasi dan kerja tim di antara
siswa.
b.
Manfaat untuk Siswa:
·
Meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa
melalui elemen permainan.
·
Mendorong kerja tim, komunikasi, dan
keterampilan sosial.
·
Membantu siswa memperkuat pemahaman materi
melalui interaksi langsung.
4. Kelebihan
dan Kekurangan Quizlet Live:
a.
Kelebihan Quizlet Live:
·
Mendorong kerja tim dan kolaborasi siswa.
·
Menyajikan pembelajaran yang interaktif dan
menyenangkan melalui elemen permainan.
·
Memperkuat pemahaman materi melalui interaksi
langsung.
b.
Keterbatasan Quizlet Live:
·
Terbatas pada pembuatan dan pertandingan set
kartu flash.
·
Membutuhkan koneksi internet yang stabil.
5. 3.
Tiga media yang serupa:
a.
Kahoot!: Platform
yang menawarkan kuis interaktif yang dilengkapi dengan fitur permainan dan
papan penilaian. Siswa menjawab pertanyaan dengan cara yang kompetitif.
b.
Quizizz adalah
platform pembelajaran online yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif dan
siswa menjawabnya secara mandiri atau kompetitif. Platform ini memiliki fitur
waktu dan leaderboard.
c.
Gimkit adalah
alat pembelajaran yang memungkinkan siswa menjawab pertanyaan dan mengumpulkan
poin. Ini memiliki fitur permainan dan mendukung kolaborasi.
Kesimpulan: Quizlet Live adalah fitur di platform Quizlet
yang menawarkan pengalaman belajar interaktif dan berkolaborasi. Quizlet Live
mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran melalui fitur permainan
dan kerja timnya. Fitur ini membantu siswa meningkatkan pemahaman materi dan
keterampilan sosial, meskipun terbatas pada membuat dan bermain set kartu
flash. Ada juga pilihan lain, seperti Gimkit, Kahoot!, dan Quizizz, yang
menawarkan pengalaman pembelajaran interaktif yang mirip. Dengan menggunakan
teknologi ini, guru dapat membuat pembelajaran di era digital yang menyenangkan,
berkolaborasi, dan efektif.